Kamis, 19 Juni 2008

Edy Rusman, Pedagang Air Kelapa Muda

Tergantung Cuaca, Bisa Bawa Rp300 ribu sehari

Minum air kelapa muda plus es, tentunya dirasa sangat menyegarkan, terutama dikala terik panas matahari yang lagi menyengat. Tengorokan terasa segar dan dahaga pun hilang.

Di Kota Tanjungpinang Kota Gurindam Negeri Pantun, banyak dijumpai minuman dari air kelapa muda. Peminatnya juga banyak, mulai dari kanak-kanak, remaja sampai kalangan orang tua dan dewasa.

Salah satu penjual air kelapa muda adalah Edy Rusman (25). Dari penuturan Rusman, berwiraswasta dengan menjual air kelapa muda ternyata dapat mendatangkan penghasilan yang lumayan memuaskan.

‘’Jual air kelapa muda tergantung cuaca. Tapi kalau cuaca bagus, dalam satu hari bisa terjual 70 buah kelapa dengan pendapatan (kotor) perhari bisa mencapai Rp300 ribu,’’ kata Edy Rusman, yang telah dua tahun berjualan air kelapa muda di depan SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang kemarin pada Batam Pos.

Pengolahan buah kelapa muda juga tidak rumit. Buah kelapa muda yang telah diserut dan diambil airnya kemudian dicampur air gula dan es batu. Pembeli ada yang kinum di tempat jualan dan ada mint di bungkus. Harga jual air kelapa Rp1.000 pergelas dan Rp5 ribu untuk satu buah kelapa muda tanpa es.

Buah kelapa muda yang dia jual berasal dari Desa Kawal dan Trikora. Pasca kenaikan BBM, sebut Edy Rusman, buah kelapa muda juga mulai naik. Kalau sebelumnya Rp2 ribu perbuah, maka sekarang Rp2.500 dan itu pun dilihat apakah kelapa muda itu ada isi atau tidak.

‘’Minum air buah kelapa tidak saja menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Tapi juga dapat menghilangkan panas dalam,’’ ucap Edy.****

Tidak ada komentar: