Minggu, 15 Juni 2008

PT Rotarindo Busana Bintan di Hari Buruh se Dunia


Tutup Sejak Desember, Bagian Keuangan Datang Sebulan Sekali

Pintu pagar bercat biru laut di depan PT Rotarindo Busana Bintan (PT RBB), Kamis (1/5) tertutup rapat.
Dari pagar yang merupakan pintu masuk itu terlihat halaman perusahaan pakaian jadi itu tak terawat. Gedung perusahaan garment itu pun terlihat kusam. Sangat kontras dengan kondisi sewaktu perusahaan tersebut masih beroperasi dengan mempekerjakan ratusan karyawan.
Di pos security terlihat hanya satu orang petugas security yang bertugas. Pada Batam Pos, security PT RBB yang mengaku bernama Yanto tersebut kemudian menjelaskan bahwa perusahaan tersebut telah tutup alias sudah tidak beroperasi lagi. Penyebabnya dikarenakan mogok kerja karyawan.
‘’Perusahaan ini sudah lama tutup. Sejak Desember 2007 lalu perusahaan ini tidak beroperasi lagi. Sebab perusahaan ini sepi dan tidak ada karyawan yang berkerja,’’ kata Yanto.
Tidak beroperasi lagi perusahaan itu, jelas Yanto, merupakan puncak dari perselisihan antara perusahaan dengan karyawan yang diwakilkan serikat pekerja. Ratusan karyawan perusahaan itu pun, jelas Yanto, juga tidak diketahui kemana perginya. Yang dia tahu kasus perselisihan antar perusahaan dengan karyawan saat ini tengah ditangani pengadilan perselisihan hubungan industrial (PPHI).
‘’Yang datang paling bagian keuangan. Paling satu bulan sekali datang saat membayar gaji security. Sampai saat ini pun belum diketahui mahu diapakan perusahaan ini apakah mahu dijual atau tidak,’’ ucap Yanto.
Aksi karyawan perusahaan di hari buruh se dunia yang dikenal dengan May Day tersebut juga tidak ada terlihat. ‘’Kalau dulu sewaktu lagi hangatnya demo, mereka malah sampai tidur dan bermalam di sini,’’ pungkasnya.****

Tidak ada komentar: